In House Training (IHT) Sekolah Pusat Keunggulan SMK Paramitha Jakarta

PPDB SMK Paramitha Jakarta sampai 19 Juli 2021
July 5, 2021

In House Training (IHT) Sekolah Pusat Keunggulan SMK Paramitha Jakarta

In House Training (IHT) telah mulai dilaksanakan pada hari Jumat (6/8/2021) selama dua minggu di SMK Paramitha Jakarta. IHT merupakan pelatihan kompetensi secara daring/luring untuk tenaga pendidik di sekolah yang diarahkan untuk membangun kesiapan dalam menyambut Program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan. Mengingat SMK Paramitha Jakarta telah ikut serta dalam program ini, sehingga diberikan amanat dan ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ristek pada tahun 2021.
Peserta IHT adalah guru di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan yang belum mengikuti pelatihan di tingkat nasional dan berasal dari kelas yang menjadi sasaran implementasi pembelajaran pada SMK Pusat Keunggulan tahun 2021 yaitu kelas X dengan jumlah 15 guru.
Tujuan In House Training (IHT) terkhusus bagi peserta yaitu mampu merefleksikan nilai dan filosofi Ki Hajar Dewantara untuk merumuskan strategi pembelajaran sebagai guru, mampu mengidentifikasi komponen kerangka kurikulum dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid, mengidentifikasi rasional, tujuan, dan elemen capaian pembelajaran, mengidentifikasi keterkaitan keterkaitan antar profil lulusan dengan visi dan misi sekolah, program, dan pembelajaran, menerapkan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta menggunakan Teknologi Informasi Komputer (TIK) dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.
Setelah menyelesaikan seluruh In House Training (IHT), peserta memahami filosofi pembelajaran yang memerdekakan, profil pelajar Pancasila, dan implikasinya dalam pembelajaran.
Berjalannya kegiatan In House Training (IHT) juga turut berkeja sama dan didampingi oleh beberapa pihak penting terkait. Adanya pengarahan awal dari Ketua Yayasan Kolese Dharma Paramitha yaitu Dr. JB. Soemarsono, SH., M. Pd, Kepala Sekolah SMK Paramitha Jakarta yaitu Kus Tri Dianavera, S.E., M.M., Kasi SMK Suku Dinas Pendidikan Prov. DKI Jakarta yaitu Diding Wahyudin, S.Pd. M.Si., dan pengawas sekolah yaitu Drs. H. Ismail, M.Pd. Telah hadir juga dari perguruan tinggi STP Trisakti yaitu Dra. Wijayanti Dewi Prabandari, MM dan Jason Augustian F., M.Par., dan dari BBPPMPV BISNIS DAN PARIWISATA yaitu NINIK HARTATI, S.Pd. M.Pd, (Widyaiswara Madya).
Oleh Ayu Juanda Putri